2017年8月11日金曜日

Semut dan Belalang(アリとキリギリス)

PR


今回はインドネシア語練習として、アリとキリギリスの話をちょっとだけ現代風にアレンジして書いてみました。日本語訳も後半に書いています。

関連:作文練習に関する過去記事

Semut dan Belalang

 Di suatu tempat, ada seekor semut dan belalang. Semut itu sering belajar dan bekerja dengan sangat rajin setiap hari dan semut itu menambah pengetahuannya sedikit demi sedikit, sedangkan belalang hanya bermain mandolin dan memainkan aplikasi permainan dalam HP setiap hari.

 Belalang yang malas kadang-kadang mengejek semut yang rajin bahwa kita tidak harus berajar dan bekerja dengan rajin karena hanya membuang waktu saja. Dan kita seharusnya menikmati saat ini saja. Semut itu tidak memperdulikan perkataan belalang dan tetap melanjutkan belajar dan bekerja.

 Setelah beberapa bulan, musim dingin tiba. Sayangnya, krisis pangan terjadi di dunia binatang ini. Semut yang rajin bisa memperkirakan krisis itu sebelum terjadi dan sudah keluar ke negeri yang aman. Tetapi belalang malas tidak melakukan apa-apa sehingga belalang punya ide dan uang untuk menghadapi mencoba krisis ini. Belalang itu meminta bantuan kepada binatang lain dengan HP, tetapi mereka tidak ada yang membantu belalang itu. Akhirnya, belalang itu mati karena kemiskinan dan kelaparan.


 ある所に一匹のアリとキリギリスがいました。アリはいつも勤勉に働き、よく勉強し少しずつ知識を蓄えていく一方で、キリギリスは毎日マンドリンを弾いたり、スマホゲームで遊んでいるだけでした。怠惰なキリギリスは時折勤勉なアリに向かって、勤勉な労働や勉強は時間のムダで、逆に今を楽しむべきであると言いました。アリはそんなキリギリスの言葉を気にすることなく地道に労働と勉強を続けました。
 何ヶ月か後に、冬がやってきました。そして不幸にも食糧危機がこの地を襲いました。勤勉なアリはこの危機を予想して、既にこの国を脱して安全な地に逃げ延びていました。しかし、怠惰なキリギリスはこの危機に立ち向かうためのアイデアもお金もなく何もできませんでした。キリギリスはスマホで他の動物に助けを求めましたが、しかし誰も助けてはくれませんでした。そしてとうとう、キリギリスは貧困と空腹の中で死んでいきました。


<トップページに戻る>
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...